50 Peserta Calon Anggota KASN Lolos Seleksi Administrasi

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 50 peserta dinyatakan lolos administrasi dalam seleksi terbuka calon anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2019-2014. Dalam pengumuman yang ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin tersebut, hasil seleksi administrasi telah melalui tahapan verifikasi online dan verifikasi berkas. 

“Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi diwajibkan untuk mengikuti seleksi penulisan makalah,” ujar Menteri Syafruddin di Jakarta, Rabu (07/08). 

Tahapan seleksi penulisan makalah ini akan diadakan pada Kamis, 8 Agustus 2019 di Gedung Krida Bhakti, Kementerian Sekretariat Negara RI, pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Peserta juga wajib hadir 30 menit sebelum kegiatan seleksi penulisan makalah ini berlangsung. 

Menteri Syafruddin menegaskan bahwa hasil pengumuman Seleksi Administrasi Calon Anggota KASN sudah final. “Keputusan Panitia Seleksi Terbuka Calon Anggota KASN Tahun 2019-2024 ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” tegas Syafruddin yang juga merupakan Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KASN. 

Berdasar pengumuman nomor 03/PANSELCAKASN/2019 ini, terlampir pula perubahan jadwal dalam seleksi terbuka Calon Anggota KASN. Perubahan tersebut meliputi pengumuman hasil seleksi administrasi dan pelaksanaan tes kompetensi. 

Pengumuman hasil seleksi administrasi yang sedianya dilakukan pada 1 Agustus 2019, diundur menjadi 6 Agustus 2019. Hal ini diikuti juga dengan uji publik terhadap calon yang lulus seleksi administrasi yang dimulai pada pengumuman hasil seleksi administrasi hingga selesai tahapan seleksi. 

Tes kompetensi yang semula dijadwalkan dimulai pada 6 Agustus untuk seleksi penulisan makalah, mundur menjadi 8 Agustus 2019 dan diikuti dengan penilaian hasil penulisan makalah pada 12 hingga 16 Agustus 2019 serta pengumuman hasil seleksi penulisan makalah pada 21 Agustus 2019. 

Peserta yang lolos dalam seleksi penulisan makalah akan dilanjutkan dengan Profile Assessment. Profile Assessment meliputi Assessment Center dan Tes Psikologi yang dilaksanakan selama dua hari, pada 22 hingga 23 Agustus 2019. Sedangkan untuk rangkaian seleksi terbuka selanjutnya tidak ada perubahan dan masih dijadwalkan sama seperti yang tertera di pengumuman sebelumnya. 

Pengumuman hasil Profile Assessment akan dilakukan pada 30 Agutus 2019. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lolos wajib mengikuti tahap wawancara dan penyampaian hasil tes kesehatan yang berlangsung selama tiga hari, dari 3 hingga 5 September 2019. 

Rangkaian seleksi terbuka Calon Anggota KASN ditutup dengan pengumuman calon anggota yang dijadwalkan pada 9 September 2019. “Ada 14 nama yang akan diumumkan sebagai calon anggota KASN,” tandas Menteri Syafruddin. (p/ab)